​Operasi Katarak Gratis Surabaya 2017 Oleh Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia

 Penyakit Mata Katarak merupakan kerusakan mata yang biasanya gejalanya di ketahui dengan adanya kekeruhan di lensa mata. Tingkat kekeruhan yang terjadi tergantung pada tingkat kerusakan yang terjadi. Biasanya kekeruhan ini berlangsung secara perlahan-lahan dan mengakibatkan penglihatan menjadi kabur. Yang lebih parah lagi bahkan bisa menyebabkan kebutaan mata apabila kekeruhan yang ada pada lensa mata terlalu parah/tebal. Akibatnya akan menghalangi cahaya masuk ke lensa mata.


WHO pernah merilis bahwa sekitar 48 % kebutaan diakibatkan oleh penyakit katarak. Penyakit katarak ini lebih sering muncul pada usia manula. Lantas, sebenarnya apa saja yang bisa menyebabkan penyakit katarak ini?.  Faktor yang menyebabkan timbulnya penyakit katarak adalah :
Penyakit Katarak dapat disebabkan karena terpaan radiasi dari sinar UV yang langsung pada organ mata.

Faktor usia menjadi penyebab pertama dari penyakit ini. Hal ini dapat dibuktikan dengan fakta bahwa mayoritas penderita katarakl ini adalah orang yang telah berusia cukup lanjut.

Faktor keturunan/genetik di perkirakan juga bisa menjadi penyebab dari timbulnya penyakit katarak ini, meskipun belum banyak data yang mendukung.

Trauma fisik yang terjadi pada mata juga berperan mengakibatkan katarak mata. Biasanya akibat dari kecelakaan yang terjadi pada mata.

Penyakit diabetes dan darah tinggi juga berpotensi mengakibatkan katarak mata.

Sumber

Tinggalkan komentar